Statistik Pengunjung

Online
1
Hari ini
1,255
Bulan ini
34,199
Semua
1,231,973
  • BERITA DUKA: Segenap Pimpinan dan Karyawan Kwarnas Gerakan Pramuka turut berduka cita atas meninggalnya Prof. DR. dr. Azrul Azwar, M.P.H. selaku Kak Kwarnas Gerakan Pramuka, Almarhum meninggal pada hari Selasa, 25 Maret 2014.
  • Selamat Atas Terpilihnya Kak Dr. H. Adhyaksa Dault M.Si sebagai Ketua Kwarnas 2013 - 2018.
  • Kakwarnas, Adyaksa Dault Tegaskan Bahwa TRW dan Buperta Tak Akan Dialihfungsikan Menjadi Milik Swasta
  • Innalillahi wa inaillaihi rojiun...Telah berpulang ke Rahmatallah kakak kami tercinta Kak Azrul Azwar, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka masabakti 2003-2013 pada hari Selasa 1 April pukul 17.55 WIB di RSCM.

Nasional - 10 Jul 2012 - 16:45:08

Menciptakan Kader Agen Perubahan dari Kegiatan Penjelajahan

813100_Jelajah 2.jpg

Gunung Pancar Bogor 10 juli 2012, Tak terasa pelaksanaan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Nasional (LT-V Tahun 2012) sudah berlangsung selama 3 hari. Berbagai macam perlombaan sudah diikuti seluruh peserta LT-V dari 33 Kwarda seluruh Indonesia.  

Berbeda dengan pelaksanaan kegiatan lomba sebelumnya yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur . Kali ini, kegiatan dilangsungkan di Taman Wisata Alam Gunung Pancar Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini dipilih sebagai lokasi kegiatan Penjelajahan dalam kegiatan LT-V Tahun 2012. Area taman wisata alam tersebut pada dasarnya adalah areal perkemahan yang cocok untuk dipergunakan dalam kegiatan alam bebas. Sehingga pelaksanaan kegiatan seperti Lomba Kompas, Peta Pita, Peta Topografi dan Survival, Halang Rintang, Bivak (bermalam dengan …..) termasuk Masak Rimba menjadi lebih seru dan sangat mengasyikkan, mengingat kontur dan letak geografis yang cukup menantang.

Hal tersebut dapat terlihat ketika para peserta mengikuti perjalanan dari Pos I yang berada dilapangan sepak bola Desa Sumur Batu, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor , Jawa Barat menuju ke Pos II yang berada salah satu area di Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang menanjak.

Perjalanan tersebut harus ditempuh oleh peserta LT-V dengan Jarak sekitar 5 Km yang ditempuh dalam waktu 40 Menit. Selain harus melalui jalan setapak yang menanjak, mereka harus melalui medan yang berkelok serta menyusuri tebing yang sangat terjal, curam dan licin. Terlebih menjelang sore hari hujan turun lumayan lebat.

Perbedaan medan penjelajahan di gunung ini, diakui oleh peserta berbeda dengan tempat asal mereka, walaupun sebagian dari peserta pernah merasakan kegiatan mendaki gunung ketika mengikuti LT-IV di daerah mereka masing-masing. Regu Melati dari Kwarda DKI Jakarta mengakui bahwa jalur yang dilalui terlalu menanjak dengan kemiringan tanah sekitar 30 sampai 70 derajat sangat sulit dilalui, berbeda dengan lokasi kegiatan LT-IV yang dilaksanakan di Gunung Sukamantri, Jawa Barat.

Meski demikian kegiatan ini terbukti sangat bermanfaat bagi generasi muda, “Kegiatan ini merupakan tantangan yang sesungguhnya dan akan menajdi pengalaman dan bekal bagi kehidupan peserta di masa yang akan datang,”ungkap Kak Tuti Murdika, Binpas Putri Pasukan Fatmawati.

Regu lainnya dari Kwarda Sulawesi Barat mengakui medan penjelajahan di LT-V lebih melelahkan tapi sekaligus menyenangkan, karena selain harus menempuh perjalanan yang melelahkan mereka bisa menikmati panorama keindahan alam Gunung Pancar.

Pengalaman pertama mendaki gunung dengan jarak tempuh dan medan yang sangat menguras tenaga juga dirasakan oleh Regu Padi dari Kwarda NTB. Begitupun Kontingen dari Kwarda Jawa Barat yang juga merasakan hal yang berbeda jika dibandingkan dengan pengalam menjelajahi Gunung Malabar, Jawa Barat.

Ditambah pula dengan pernyataan Kak Seno Novianto, panitia kegiatan yang mengatakan kegiatan ini bisa menjadikan Anggota Gerakan Pramuka dapat menjadi “Agen Perubahan” mengingat setiap kegiatan di kepramukaan intinya membentuk karekater.

(sumber:Humas-Yd)

  • delicious
  • digg
  • facebook
  • google_buzz
  • reddit
  • stumble
  • twitter
  • rss
  • print
  • bookmark
  • email

Berikan Komentar


Nama :*
Email :*
Komentar :*
 
  (Masukkan 6 kode diatas* )

 


0 Komentar